Langsung ke konten utama

Mengapa aku memilih Prodi Statistika UGM?

Hai! Kayaknya dari judulnya harusnya aku bikin postingan ini pas waktu masih jadi mahasiswa baru ya hahah.. tapi gapapa lah ya aku baru buat sekarang heheh.. 

Perkenalkan, namaku Risqia Fadhilah Syahrir, aku adalah mahasiswa Statistika UGM angkatan 2014 , fyi angkatan itu maksudnya tahun masuknya ya, bukan tahun lulusnya .. Jadi inshaAllah aku akan lulus di akhir 2017 atau awal 2018 #aamiin .. Saat menulis ini, aku sudah menempuh 4 semester di Statistika dan akan memasuki semester 5 pada bulan Agustus 2016 nanti. 

Sebenarnya, aku pun sudah mulai menulis tentang dunia perkuliahan Statistika pada situs ask.fm-ku yaitu di : ask.fm/RisqiaF (sekalian promosi) . Aku akan membahas sedikit mengenai seluk-beluk dunia perkuliahan di Statistika UGM, dan juga aku akan memberi kalian suatu alasan mengapa aku memilih Statistika UGM , ya mungkin banyak dari kalian yang membaca ini yang masih galau akan jurusan, khususnya masih galau gitu mau milih Statistika atau engga hehe..

Oke, daripada kebanyakan curcol, let's begin my story.
Sejak TK sampai sekarang, bisa dibilang aku adalah seseorang yang tidak terlalu banyak ngomong, aku sangat menyukai beraktivitas bersama orang terdekat. Matematika adalah pelajaran favoritku dari TK - sekarang. Aku sering diikutkan lomba matematika oleh orang tuaku dan juga mewakili sekolahku.

Kesukaanku terhadap matematika saat SD terlihat mulai di saat aku meraih nilai Ujian Matematika yang alhamdulillah bisa membanggakan orang tua. Saat SMP pun kecintaanku terhadap matematika tetap bertambah bahkan semakin cinta.

Namun jika boleh jujur, waktu SMA aku ga terlalu ikut banyak lomba karena aku masuk program Akselerasi, jadi yang harusnya lulus 3 tahun dijadikan lulus 2 tahun, jadi padettt banget materinya, UASnya setiap 4 bulan sekali :') .

Yak, jadi itulah sebabnya aku memilih jurusan yang tidak jauh-jauh dari Matematika. Sempat galau banget dulu saat pendaftaran SNMPTN 2014 akan dibuka, bingung mau milih jurusan apa, apakah Teknik, Matematika murni, Statistika, atau Ilmu Komputer. Semuanya berhubungan erat dengan Matematika. Tetapi entah kenapa aku kurang passion di bidang Teknik, masalahnya aku kurang bersahabat gitu kalau sama mesin ._." dan gambar-gambar Teknik, lalu untuk Ilmu Komputer, jujur aku ngebayangin kalau harus ngoding-ngoding gitu hehe sehingga aku ga jadi daftar Ilmu Komputer.. Jadi, pilihanku pun jatuh di antara Matematika murni dan Statistika.

Tetapi, aku berpikir kalau aku memilih pilihan utama Matematika murni dan lolos, aku agak 'ga' nahan kalau harus belajar sesuatu yang terlalu murni, tapi emang bener sih dugaanku, kalau Matematika murni penuh dengan pelajaran dan simbol-simbol abstrak yang sampai sekarang aku hanya bisa geleng-geleng kepala ._." . Sehingga, aku lebih cenderung untuk memilih Statistika, aku berpikir kalau Statistika itu kombinasi antara ilmu Matematika dan juga ilmu teknologi (komputer) jadi kayakya asikk, dan belajarnya ya ga jauh-jauh dari diagram-diagram, angka-angka, data-data, dan waktu itu aku mikirnya hanya berkutat di mean, median, modus, kuartil, dsb. Iya sih emang bener belajar mean, median, modus, kuartil, dsb juga, tapi ternyata aku baru sadar itu hanyalah kulit luar Statistika disebut Statistika Deskriptif. Statistika yang 'sesungguhnya' ternyata adalah Statistika Inferensi.

Btw keuntungan masuk Statistika juga banyak , misal :
1. Peluang kerjanya luas banget, dimana-mana orang butuh Statistika dalam hidupnya. Mau di Perbankan? bisa. Mau di pertanian/perkebunan? Bisa. Mau di bidang Kedokteran dan Farmasi? Bisa, ada biostatistika. Mau di Industri? bisa. Mau di bidang research ? bisa banget! dan masih banyak lainnya..

*update Februari 2018 : Sekarang aku sudah berstatus alumni Statistika UGM (yudisium 25 Januari 2018), diwisuda tanggal 21 Februari 2018, dan alhamdulillah keesokan harinya (22 Februari 2018) dapat pengumuman lulus dapat kerja di bagian Aktuaria di salah satu perusahaan Asuransi di Jakarta, memang sih aku ikut seleksinya sudah dari sebelum wisuda (tapi sudah yudisium).. Untuk tentang pengalaman cari kerja nanti aku buat postingan sendiri yaa.. :)


*update Januari 2019 : Alhamdulillah sekali setelah bekerja menjadi staf Aktuaris sebelumnya dari Maret 2018-Januari 2019, akhirnya aku dinyatakan lolos PCPM Bank Indonesia XXXIII (link :
https://www.bi.go.id/id/tentang-bi/bi-dan-publik/karir/Pages/Pengumuman-Hasil-Seleksi-Akhir-Penerimaan-Calon-Pegawai-BI-Jalur-PCPM.aspx) dan akan mulai bekerja di Bank Indonesia per 1 Februari 2019 😊

Jadi, jangan takut kalau lulusan Statistika bakal susah dapat kerja!

2. Gaji seorang fresh graduate-nya lumayan, dan inshaAllah ga susah untuk dapat kerja buat fresh graduate. Aku pernah denger, di sini biasanya lulusannya sudah dapat kerja rata-rata dalam rentang waktu 3-6 bulan semenjak lulus! :)

*update Februari 2018 : Alhamdulillah waktu tungguku dapat pekerjaan dari setelah wisuda hanya 1 hari hehe.. tapi kalau dihitung dari yudisium ya kurang dari 1 bulan hehe.. untuk gaji, ya alhamdulillah untuk ukuran seorang fresh graduate di Jakarta..

3. Seru karena kombinasi antara ilmu Matematika dengan ilmu komputer, jadi kita bakal jadi hi-tech juga gitu hehe.
4. Kalau ujian sering open rumus , open kalkulator dan open tabel statistika huehe.
5. Praktikumnya ga bosenin, karena kita belajar data dari berbagai bidang.
6. Dan yang serunya lagi adalah karena kita sedang menuju era big data, jadi pasti Statistika sangat bermain di sini, so prepare yourself! :)
dsb.

Aku sangat mengidolakan Universitas Gadjah Mada (UGM) , dimana UGM berada di Yogyakarta yaitu tanah kelahiranku, dan biaya hidup (living cost) di Yogya murah menurutku. So, aku memilih Statistika UGM sebagai pilihan pertama, disusul Matematika UGM sebagai pilihan kedua, dan Statistika UNDIP sebagai pilihan ketiga saat SNMPTN 2014 dulu. Nilai raporku alhamdulillah bisa dikatakan cukup stabil, dan beberapa guru sebenarnya menyarankanku untuk mencoba mendaftar ke FK dan juga Teknik karena inshaAllah ada peluang untuk lolos kalau aku mau daftar. Tetapi aku merasa hatiku bukan di sana, hatiku di Statistika dan Matematika. Jadi aku memilih mengikuti kata hati sendiri, dan alhamdulillah orang tuaku pun mendukung keputusanku. 

Dan, di saat pengumuman kelulusan, alhamdulillah aku diberi amanah untuk juara 2 SMAN 8 Yogyakarta untuk UN jurusan IPA. Dari sanalah, semakin banyak orang bahkan juga ada guruku yang 'menyayangkan' mengapa aku tidak mencoba untuk mendaftar ke jurusan yang diinginkan banyak orang , tetapi tekadku masih bulat yaitu STATISTIKA dan MATEMATIKA. Tidak lama setelah pengumuman kelulusan, pengumuman SNMPTN pun tiba, was-was banget waktu itu. Pengumumannya mundur sehari lagi :'(

Jadi, pada hari yang dijanjikan, aku mencoba membuka pengumuman SNMPTN 2014, katanya sih diundur jadi jam 12.00 WIB, eh pas aku cek jam 11.45 WIB udah ada mirror link yang bisa dibuka, terus aku coba buka salah satu mirror link dan aku melihat hasilnya... bahwa aku diterima di Statistika UGM! Senenggggg banget waktu itu lolos di pilihan pertama walau masih di mirror link, aku langsung ngehubungin temen-temen kelasku buat buka itu, tetapi ada salah satu temanku yang bilang "Itu kan masih mirror link Dhil, coba kita rileks dulu dan buka di website SNMPTN yang asli." . Wkwk waktu itu aku langsung lemas lagi hehe, akhirnya sekitar jam 12 aku akhirnya bisa membuka website SNMPTN yang asli di snmptn.ac.id , dan dengan berhati-hati aku pun memasukkan no.pendaftaran dan tanggal lahirku, keringat bercucuran , jantung berdebar #kokjadialayhehe , akhirnya aku memberanikan diri untuk menekan tombol enter di laptopku, dan hasilnya langsung keluar.. Tetapi waktu itu lucunya, layar laptopku aku tutup pakai buku besar, lalu aku turunkan perlahan dari layar laptopku karena jujur takut banget euy waktu itu, perlahan-lahan turun, dan akhirnya keliatan warna hijau 

*Warna hijau pada website SNMPTN saat itu menyatakan lolos SNMPTN

Lanjut, setelah melihat warna hijau itu, aku pun bertanya-tanya aku diterima di pilihan berapa ya.. Aku turunkan lagi buku itu dan kucoba atur kursorku sehingga mulai terlihat tulisan "UNIVERSITAS.." , aku makin penasaran dan aku coba turunkan lagi dan terlihat "UNIVERSITAS GADJAH MADA" , wahhh seneng banget keterima di UGM jadi masih bisa tinggal di rumah hehe.. Terus kepo lagi deh, ini diterimanya di Statistika atau Matematika ya.. Sebelum melihat lebih jauh, aku yakinkan pada diriku bahwa dimanapun aku diterima, pasti itu yang terbaik dariNya, kemudian aku turunkan lagi dengan berdo'a dalam hati dan akhirnya ku beranikan membuka mata dan melihat tulisan 'Statistika" . Ini screenshotnya :



Woaaahhh seneng banget, seneng bangettt waktu itu diterima di Statistika UGM, prodi impianku, universitas impianku , dan jalur SNMPTN. Tidak lupa syukur aku ucapkan dan aku melompat-lompat gembira di kamarku sambil menangis haru (sampe nabrak pintu kamar coba) , lalu ke ruang keluarga dan bilang ke orang tuaku : 

"Ma, Pa, dek Dhila lolos undangan di Statistika UGM"

Pada saat itu, Mamaku dan Papaku langsung datang menghampiriku dan memelukku, kemudian aku ajak mereka ke kamarku melihat laptopku yang masih menunjukkan pengumuman itu. Alhamdulillah, senang banget rasanya.. Dan di bawah tulisan lolos itu, ada pengumuman tentang pendaftaran ulang sebagai Mahasiswa baru UGM alias GAMADA UGM 2014 :D

Untuk kalian yang mau nanya-nanya mengenai Statistika, khususnya Statistika UGM, jangan segan untuk bertanya pada saya di kolom komentar atau di ask.fm/RisqiaF , inshaAllah saya jawab..

Untuk kegiatan perkuliahan Statistika UGM, akan saya tulis pada postingan selanjutya, udah jam 4 nih soalnya hehe, siap-siap buka puasa dulu ya :D

Komentar

  1. kak..mau tanya nilai yang harus stabil apa aja ya..
    kalau ada salah satu mapel ipa yg kurang stabil gmna kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm sebenarnya kita ga pernah tau ya sistem penilaian resminya bagaimana..

      tapi kalau sepengalamanku dan teman-temanku, kalau mau masuk Statistika (SNMPTN) usahakan nilai matematikanya stabil, begitu pula dengan nilai TIK dan kl bisa nilai bhs Inggris jg bagus..

      mapel IPAnya apa? dulu aku waktu SMA jg ga terlalu maksimal di biologi hehe :)

      oh ya km bisa message fb-ku : "Risqia Fadhilah Syahrir" kalau mau tanya statistika secara personal, tp lewat kolom komentar di blog ini jg gapapa :)

      Hapus
  2. Kak kalau di sekolah gak ada mapel tik gmana?

    BalasHapus
  3. mau tanya, nilainya kakak di mapel mtk rata²nya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu gabisa aku kasitau di publik hehe, tp alhamdulillah kok hehe :)

      Hapus
    2. Kalo aku pc dikasih tau nggak kak? 😂

      Hapus
    3. Kenapa emang wkwk.. yg penting nilainya stabil..

      Hapus
    4. Kak kalau nilainya gak stabil tapi malah naik gmn?

      Hapus
  4. kak, gimana menurut kakak gambaran orang-orang yang ada di jurusan lain (misalnya kimia)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm setelah kuliah ini kita jadi saling menghargai setiap jurusan yang ada kok.. karena kita akhirnya mengerti peran-peran mereka juga akan kita butuhkan, begitu pula sebaliknya..

      (CONTOH) Kalau aku melihat anak Kimia, aku salut sama mereka yang praktikumnya sangat detail dan membutuhkan kerja keras ekstra.. salut bgt sih sama mereka yg mampu mengerjakan laporan sebanyak itu..

      Hapus
  5. Kak, kalau kita masuk di jurusan statistika ugm kira-kira materi dasar matematika hilang gak di mata kuliah nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Materi dasar matematika misal Kalkulus gitu? Gak bakal hilang dekk, karena statistik sangat berhubungan dgn matematik..

      Hapus
  6. Kak mau tanya, kakak punya kebiasaan jelek pas SMA nggak kak yang pas kuliah jadi berubah (baik) gitu?

    Misalnya, malas, atau nggak konsisiten, atau kurang tanggung jawab, yang seperi itu?....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. mungkin dulu waktu aku masih sekolah aku pemalu bgt orgnya, nervous tingkat tinggi kalau disuruh presentasi di dpn banyak org..

      Tapi sekarang semenjak kuliah karena ikut organisasi, tugas kuliah yg jg mengharuskan banyak presentasi, jadi asisten praktikum akhirnya aku jd lebih berani buat presentasi di depan banyak orang.. :)

      Hapus
  7. kak kalau nilai TIK di rapot ga stabil gimana kak? ngaruh ga ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak stabil gimana? Btw nilai TIK saya juga sempat naik turun kok, kalau tidak salah sempat turun 2 kali..

      Hapus
  8. Kak aku pengen tanya aq pengen kuliah fakultas statistika tapi aq lulusan smk bisa nggk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw mau meluruskan dulu yaa..

      Statistika itu adalah sebuah program studi yang tergabung di Fakultas MIPA :D

      Hmm emang agak jarang sih anak SMK yg kuliah di stat, tp setauku kalau di program studi Matematika (prodi tetangga) ada mhs lulusan SMK yg kukenal..

      Coba dicari lg ya informasinya di web ugm/web snmptn/web sbmptn :)

      Hapus
  9. Kak nama fb kakak apa ?
    Saya mau tanya-tanya sebentar ni kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, sama kok seperti nama panjang saya..

      "Risqia Fadhilah Syahrir"

      :)

      Hapus
  10. Kak, mau tanya kan di TA 2018/2019 akan dibuka prodi Aktuaria di UGM. Nah prodi tersebut masuk ke dalam jurusan Statistika atau Matematika Murni ya? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai.. iya betul prodi Aktuaria akan dibuka di UGM..

      Sebenarnya, Aktuaria berawal dari peminatan pada Program Studi Statistika..

      Namun, mata kuliah Aktuaria dapat diambil jg oleh mahasiswa Program Studi Matematika..

      Program Studi Statistika dan Program Studi Matematika berada di bawah naungan Departemen Matematika FMIPA UGM..

      Jadi, sepertinya Program Studi Aktuaria akan berada di bawah naungan Departemen Matematika juga, sama seperti Program Studi Statistika dan Matematika.. #cmiiw

      Hapus
    2. Berarti prodi Aktuaria sudah bisa dipilih sebagai salah satu pilihan baik pada SNM maupun SBM mulai TA 2018/2019 ya kak? Atau masih tetap di bawah Statistika dan Matematika Murni?

      Hapus
    3. Hai, kalau prosesnya lancar, kemungkinan sudah buka di tahun ajaran 2018..

      Karena saya hanya mahasiswa, jd saya tidak bisa memastikan apakah memang sudah dibuka thn 2018 atau belum..

      Namun jika dikutip dari website UGM, dari sisi SDM dan infrastruktur sudah siap ..

      Ditunggu saja ya

      *NB : setau saya kalau prodi baru, pada tahun pertama penerimaannya masih via jalur sbm/ujian tulis, tapi gak tau ya apakah ada kebijakan lain.. #cmiiw

      Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/15402-ugm.siap.buka.prodi.s1.ilmu.aktuaria

      Hapus
  11. kak, statistika ugm peminatnya banyak ya kak?

    BalasHapus
  12. Kak, kebetulan saya mahasiswa statistika semester 4 di Universitas Syiah Kuala, Aceh. Saya lgi kebingungan ni kak mau ambil mk pilihan apa di semester ini, karena waktunya isi rencana studi semester ini. Boleh minta saran kk ngga semester 4 kemaren gimana cara pilih mk yg sesuai utk kita? Sama kk ambil mk apa wkt itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sekali saya baru balas krn pertama komennya masuk spam, saya jg gatau kenapa masuk ke spam..

      Semester 4 aku udh ambil matkul pilihan yg menjurus ke peminatanku, kebetulan kan peminatanku ke Aktuaria dan juga Keuangan, jd aku ambil yg berhubungan ke matkul peminatan Aktuaria..

      Contoh matkul peminatan Aktuaria : Pengantar Matematika Finansial II, Pengantar Akuntansi Aktuaria II, dll

      Hapus
    2. Kakak setelah lulus, udah dapet gelar ASAI atau Belum??.

      Kalau belum, Rencana kakak mau ikut tes2nya gak yg dri PAI di kedepannya??..

      Hapus
  13. kak kalo masuk statistik modal matemtika nya harus bgus banget gak kak ? atau kita bisa belajar lagi disana nanti ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya pribadi, sepintar apapun kita di SMA dulu pasti tetap harus beradaptasi menghadapi perkuliahan.. jd yg penting ada niat, inshaAllah bisa :)

      Hapus
  14. Balasan
    1. Kayaknya di pos ini sudah aku jelasin bedanya Statistika dgn Matematika murni.. coba dicermati lg ya

      Hapus
  15. Kak maaf mau nanya, apakah harus ada alumni yang diterima dulu di Univ atau fakultas yang sama supaya kita bisa daftar kesana? Lalu denger2 UGM itu hanya ngelirik sma kota benar tidak ya? Terimakasih Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau itu aku kurang tau dek hehe, yang tau hanya Tuhan dan panitia penerimaan mahasiswanya..

      Tapi kalau sudah ada alumni, dan track record alumninya bagus, menurutku sih itu menambah nilai 'plus' utk adek-adeknya yang berasal dari SMA yang sama..

      Kalau yg soal SMA kota aku kurang tau juga hehe

      Hapus
  16. Kak aku liat di web UGM statistika bisa dimasukin anak ips, nah berarti waktu SBMPTN ambil jalur IPC ya? terus kalo semisal nilai mtk sama tik nya meningkat ambil statistika kira kira bisa ketrima gak ya kak walaupun gak ada alumni yg masuk sana lewat jalur SNMPTN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, kalau bisa diambil jurusan IPS berarti nanti waktu SBMPTN via IPC kayaknya ya #cmiiw

      Peluang akan selalu ada, tapi yang menentukan lolos atau tidaknya tetap panitia penerimaannya.. tapi kalau nilai sudah meningkat begitu, ya semoga diberikan yg terbaik ya.. :)

      Hapus
  17. Kak, terima kasih infonyaaa. Doakan kami adik adikmu ini ya kak supaya bisa masuk universitas atau perguruan tinggi impian kami dengan prodi yg sesuai dengan minat dan bakat kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ya.. aamiin ya rabbal alamin :)

      Semangat...

      Hapus
  18. Kak kalo mau tanya pc tapi selain lewat fb misal lewat line bisa gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. via fb di "Risqia Fadhilah Syahrir"

      Di line : @risqiaf

      Tapi jangan lupa ya nanti pas chat kenalan dulu wkwk..

      Hapus
  19. oke, abis buka kurang lebih 40 jurusan buat nentuin masuk mana jalur snmptn ugm tahap 2, setelah baca artikel ini, langsung centang statistika.
    Semoga keterima ya, kalo keterima saya mau belajar banyak sama kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah alhamdulillah kalau tertarik ke Statistika UGM..

      Aamiin, semangat ya.. banyak kok di sana yang bisa dijadiin panutan..

      Saya udh alumni soalnya wkwk, tapi kalau mau nanya-nanya bisa via akun LINE/FB saya ya.. udah saya sebutkan di atas komen ini ^

      Hapus
  20. Kak minta nomor WA nya boleh nggak? Hehe

    BalasHapus
  21. Kak line nya off ya? Aku udah chat kakak di line

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kemarin hpku error krn memori penuh.. tp sekarang udh ada line lg kok :)

      Hapus
  22. Kak saya juga suka matematika dari kecil, cuma ga sehebat kakak yang selalu ikut banyak lomba. Saya suka banget sama matematika, sebenernya sih kebisaan saya di matematatika masih standar. Saya belom pernah ikut lomba matematika. Dan kebetulan lagi saya juga ngefans banget sama UGM. Saya masih kelas 10 sebentar lagi naik kelas 11. Saya butuh tips nih kak supaya bisa diterima snmptn di ugm, dan saya juga bingung sih mau jurusan apa. Tapi saya pengennya yg berhubungan dengan matematika. Cara nentuin jurusan yang bener bener cocok buat kita tuh gimana ya kak?

    Makasih atas perhatiannya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dek Dini, wah keren dong kl jg suka matematika.. tos dulu ya hehehehe...

      Sarannya : jaga nilai rapornya jgn sampe turun dari tiap semester ,bahkan lebih bagus lg kl naik terus nilainya .. UNnya jg kl bisa bagus ya hehe, dan semangat terus belajar di sekolahnya..

      Cara nentuin jurusan yg cocok ya.. banyak2 tanya ttg jurusan2 yg terkait ke kesukaanmu (matematika) misal statistika, ilmu komputer, ekonomi atau teknik ke kakak2 tingkat yg km kenal.. ikut pameran pendidikan jg membantu.. semangatt

      Hapus
  23. Ka, kalo di ugm, statistika nya terapan apa murni??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Statistika itu kan terapan dari Matematika..
      Dan ada 4 peminatan di sini yakni : Aktuaria, Biostatistika, Bisnis dan Industri, serta Keuangan.. :)

      Hapus
  24. Kak boleh minta kontak line nya atau wa? buat tanya2 seputar statistika, terimaksih sebelumnya:)

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan pertama UGM kyknya ga masalah sih... soalnya tmn2ku jg banyak yg dari jatim

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. kak, boleh tanya.., menurut kkak klo kita coba SBMPTN Statistik UGM mungkin gak buat llos.? sekalian kak tanya info daya tampung sama peminat statistik itu bnyk gak ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaa dong peluang lolosnyaa hehe... kl daya tampung total mungkin di kisaran 50-80 kursi ya.. waktu angkatanku sih 80 kursi (total dari semua jalur) hehe..

      Peminatnya aku lupa pastinya brp, tp lumayan banyak sih hehe

      Hapus
  28. kak mau nanya , syarat syarat masuk statistik UGM apa aja ya ??? apakah orang buta warna bisa masuk ????[

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai dek.. syarat2nya sudah lulus SMA/sederajat misalkan dek hehe dan nilainya memenuhi ketentuan panitia seleksi.. nah brp patokan nilainya itu aku gk bisa jawah ya hehe..

      Kl buta warna ya? Aku blm terlalu ngeh soal ini, tp di angkatanku dulu kyknya gk ada yg buta warna ..

      Hapus
  29. Kak aku mau Tanya, aku suka banget berhitung, mtk fisika kimia aku suka dan alhamdulillah nilai nya selalu bagas. Tapi aku gak pede ambil jurusan apapun karena bahasa inggris aku jelek. Jadi gimana Kak? Aku udh kelas 12 nih, masih bingung. Tlg kasih masukkan ya kaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Bunga.. untuk bahasa Inggris bisa dilatih kok, misal dgn ikut kursus/pelatihan..

      Nanti lambat laun bisa lancar kok, jd jgn takut buat mengejar jurusan impianmu ya!

      Hapus
  30. Kak, kalau misalnya kita ngambil jurusan statistika tapi ga di UGM, kita bisa milih aktuaria juga ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aktuaria di Statistika UGM adalah sebuah peminatan.

      Saya contohnya, saya lulusan Statistika UGM dengan peminatan Aktuaria.

      Di Statistika UGM sendiri ada 4 peminatan : Aktuaria, Biostatistika, Bisnis dan Industri, Keuangan

      ;)

      Hapus
    2. Kl di kampus lain saya kurang tau hehe.. mohon maaf yaa

      Hapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Kak kalo waktu snm gitu yg dilihat nilainya mat wajib atau mat peminatan? Soalnya kalau kita jurusan ipa di sma matnya ada 2 kak, terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm kl jaman saya dulu sih terus terang blm dibagi jd wajib sama peminatan.. yg tau pihak panitianya ya..

      Namun harusnya sih diliat 2-2nya ya

      Hapus
    2. Bantu menjawab hehe.. Jadi yang diambil itu nilai matematika wajib

      Hapus
  33. Kakak, lulus dari statistika UGM dapet berapa penyetaraan mata ujian PAI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl saya dulu udh lulus 5 , tp senior saya ada yg lulus dari UGM udh lulus 7 subjek PAI jg

      Hapus
  34. kak aku jg pengen ni masuk jurusan statistika. tp nilai mtk wajibku bener" naik turun kak. kira" msh bisa keterima di snmptn ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm apa naik turunnya sangat drastis? Saran saya sih kl memang naik turunnya masih gk terlalu fluktuatif bisa ttp dicoba ya utk jurusan impian km :)

      Hapus
  35. kak jelasin perbedaan jurusan aktuaria dan statistika dong kak. secara detail ya ka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Lily, maaf baru balas ya..

      Jadi secara singkat, ilmu aktuaria adalah kombinasi dari ilmu statistik, ekonomi, keuangan, pemrograman komputer, dll untuk menghitung dan memproyeksikan risiko-risiko yang akan dihadapi di masa depan khususnya pada perusahaan asuransi.

      Kalau statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana caranya untuk mengolah dan menginterpretasikan suatu data untuk menghasilkan informasi yang bermakna dan bermanfaat.

      Kurang lebihnya kyk gitu yaa

      Hapus
  36. Kak, tahun ini kan udah dibuka prodi aktuaria di ugm. Nah, aku mau tanya jadi tahun ini kalo ambil statistika ugm masih ada gk peminatan aktuaria dan masih ada penyetaraannya gk kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa memang sudah buka alhamdulillah utk prodi Aktuaria UGM 😁

      Wah, saya kurang tau kl itu.. tp harusnya sih masih ada peminatannya ya.. amannya tanya ke pihak universitasnya langsung hehehe

      Hapus
  37. Kak karena kaka ga ingin publik nilai rata rata nya buat snmptn statistika, nah rata rata saya matematika dri smt 1-5 87 kira kira kalau ambil snmptn bisa ga ya kak? Nilainya sempat turun 1 kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya bisa sih, asalkan turunnya gk terlalu drastis..

      To be honest, hanya panitia snmptn yang tau bagaimana kriteria penilaian yang mereka buat.. tp seharusnya kl rata2nya bagus dan fluktuasinya tidak terlalu besar sih aman ya hehe

      Jgn lupa berdoa juga yaa

      Hapus
  38. Kak karena kaka ga ingin publik nilai rata rata nya buat snmptn statistika, nah rata rata saya matematika dri smt 1-5 87 kira kira kalau ambil snmptn bisa ga ya kak? Nilainya sempat turun 1 kali

    BalasHapus
  39. Selamat malam Kak! Wah saya baca ini kaget, ternyata kakak alumni delayota.. Perkenalkan saya Aisya Nugrafitra Murti delayota 2019.. kak, kalau saya baca" dari komentar kakak ambil peminatan aktuaria ya kak? Boleh saya nanya" kakak ada kontak line/wa ndak ya kak? Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam Aisya! Iyaa saya delayota 2014 (akselerasi, seharusnya delayota 2015 hehe)

      Iyaa saya dulu ambil prodi Statistika dengan peminatan Aktuaria

      Line saya lg gk aktif, tp bisa dm instagram saya dulu ya di @risqiaf hehe

      Hapus
  40. Selamat malam Kak! Wah saya baca ini kaget, ternyata kakak alumni delayota.. Perkenalkan saya Aisya Nugrafitra Murti delayota 2019.. kak, kalau saya baca" dari komentar kakak ambil peminatan aktuaria ya kak? Boleh saya nanya" kakak ada kontak line/wa ndak ya kak? Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Aisya, maaf bgt saya baru balas krn udh lama hiatus di blog.. kl km masih ada yg mau ditanyakan, bisa LINE ke @RisqiaF ya.. terima kasih :)

      Hapus
  41. Haii kak mau tanya, saya suka hitung2 an seperti pelajaran matematika,fisika,ekonomi,kimia kak. Saya masih bingung nih kak mau milih jurusan apa besok kalau kuliah, soalnya saya kurang pandai bahasa inggris dan kurang suka hafalan materi yang banyak kak😁. Kira2 jurusan apa saja ya kak yg cocok untuk saya😊 (dominan dengan hitung2 an namun sedikit hafalannya) ?
    Terimakasih kak
    'saya jg siswa delayota hehe'

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bgt baru aktif blog lagi, kamu masih di delayota atau jgn2 udh kuliah nih? hehe..

      hmm menurutku kl memang minat di hitung2an bisa ke Teknik atau jurusan Matematika/Statistika/Fisika bisa sih.. tp itu jg masih ada hafalannya, hafalan rumus hehe..

      Hapus
  42. Kak mau nanya ,UGM itu ngambil putra putri daerah nggak sih?
    Soalnya aku pengen ngambil UGM tapi asal dari sumatra utara kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya setauku ada dekk, tp utk lebih detilnya mungkin bisa coba ke website universitasnya langsung, contoh aku nemu kayak gini: https://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?l=aWRfcGFnZSMxODAxMTA1MSNKYWx1ciBQQlVLIzEjUHJvZ3JhbSBTYXJqYW5h

      Hapus
  43. Kak mau nanya, kalo dari matematika murni bisa kerja di perusahaan kayak kakak ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bangettt dek, dulu aku kerja di perusahaan swasta, sekarang di bank sentral.. jurusan matematika banyak bgt yg butuhin :)

      Hapus
  44. Kak aku dari kecil udah suka banget sama matematika dan nilainya juga lumayan, aku mau masuk statistik tapi dari SMK farmasi kak, peluangnya itu gimana ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo dek.. wahh bagus kl km memang minat hitung2an.. kl soal itu kyknya harus dicari lebih lanjut di website penerimaan mahasiswa baru universitasnya ya dek.. tp dulu di jurusan matematika murni, ada kenalanku yang dia dari lulusan SMK.. tp aku agak lupa dia SMK bidang apa..

      semoga cocok yaa hehe

      Hapus
  45. Ka ... Kalo di sekolahanku ga ada mapel komputer gimana y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Siti.. maaf krn aku kemaren jarang update ttg sistem kurikulum sekolahan sekarang gmn, mungkin ada penyetaraan mata pelajaran komputer dgn mata pelajaran baru ya hehe.. aku harus baca dulu kyknya hehe..

      tp seharusnya IT ada diselipin jg sih di mapel2 sekolah sekarang hehe

      Hapus
  46. Hay kak, mungkin ini yg ke seratus kali nya aku baca postingan kakak yg ini, pertama kali baca pas aku kelas 10 dulu, sekrg aku baca lagi dan masih meras bahagia dan ikut senang dg kelulusan kakak di snmptn. Skrg aku mau ngasih tahu di snmptn 2020 aku beraniin diri pilih statistika ugm, krna alumni skolahku ternyata tiap tahun ada yg lolos sn di stat ugm; 2017 1 org,2018 ada 2 org ,2019 1 org. cuma skrg aku takut krna ada teman satu angkatan pilih stat ugm jg :”) rank paralel ny lebih tinggi, krna ada sertif jura lomba aku tetap brni,aku udh pasrah, semoga aja kami berdua lolos, Kalau misalkan yg lolos satu orang . Aku berharap skali itu aku. Tapi jika itu bukan aku, Mungkin Allah punya rencana lain yg lebih baik untukku, terima kasih telah banyak menginspirasi selama ini kak, aku udah baca semua postingan kakak 🤣, terkhusus yg perkuliahan statistika, Suka banget sm jurusan statistika, Makais banyak ya kak , btw aku nyari ig kk ga nemu :”)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh halo Asyraful (atau siapa aku nih manggilnya? hehe), makasih ya udh setia mau baca postinganku yg ini walau aku udh lama bgt ga updatee...

      Aamiin, wah ikut seneng bgt mendengar kl postinganku memotivasi km banget!! semoga memang yg terbaik yaa.. inget, dimanapun itu pasti yg terbaik buat kamu..

      Terima kasih juga yaa, sekarang aku jg udh kerja.. ga kerasa bgt memang waktu hehe... igku di @risqiaf :)

      Hapus

  47. Hai kak berarti prospek kerjanya luas pake banget ya? Bisa ke semua perusahaan? Kayak kosmetik, obat2 an, sepatu, baju dll karena setiap perusahaan butuh ahli statistik buat nge data penjualan dll betul begitu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo dekk.. iya menurutku skrng hampir semua perusahaan butuh lulusan Stat sama IT utk analisis datanya.. apalagi era big data kan..

      Hapus
  48. Kak, mau tanya nih. Saya ini orangnya suka hitung-hitungan, tapi kalo udh masuk soal matematika yg pakai kata-kata (seperti soal cerita), Saya suka gelagapan dan harus membaca teks soalnya berulang-ulang (agak lambat dalam memahami bahasa Matematika xD). Menurut Kakak, apakah Saya bisa lanjut di statistika atau ada yg lebih cocok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm kl di statistika banyak studi kasus sih jd pastinya ada ceritanya gitu.. atau mungkin km lebih cocok ke jurusan Matematika murni?

      Hapus
  49. Kak mau nanya, kalau jalur snmptn pilihan pertama ambil statistika, kira-kira nilai pelajaran apa saja ya yg harus unggul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai.. kalau patokan resminya ga ada ya, tp menurutku pribadi itu kuatkan di Matematika, Komputer, sm Bahasa Inggris..

      Hapus
  50. Makasih bangetttttt kaaaa,setelah baca blog kaka ini aku jadi mantap di pilihan jurusan aku kaaa, sekali lagi makasi buangettt kaaa😍😍😍😍😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, skrng km udh kuliah kah? Ikut seneng dengernya :)

      Hapus
  51. Kak nilai rapot kk dr smtr 1-5 brp kak sehingga bisa msk snmptn

    BalasHapus
  52. Ikut seneng dengernya kak, mudah-mudahan tahun ini aku bisa lolos juga SNMPTN prodi statistika. Aamiin.. minta doanya ya semuanya 🤗🤗
    Semoga doa-doa terbaik kita dikabulkan oleh-Nya aamiin.

    BalasHapus
  53. kak, kalau boleh tau temen-temen kakak di statistika ugm kebanyakan pada ikut osn gitu ga ya kak waktu sma?

    BalasHapus
  54. Artikel yang sangat bagus, semua tentang prodi statistika diuraikan secara rinci. Prodi statistika unair telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Ingin kuliah prodi statistika di Unair? Cek info berikut ini https://www.unair.ac.id/site/article/read/82/s1-statistika.html

    BalasHapus
  55. kak , mau nanya kak, matkul Statistika UGM tu apa aja kak ? apa berbeda dengan matkul statistika lainnya kak ? statistika UNPAD misalnya kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Tasbih Digital

Assalamu'alaikum pembaca, kali ini saya ingin membuat review mengenai tasbih digital yang saya miliki. Kebetulan dulu saya memiliki tasbih digital ini sebagai hadiah dari saudara saya sepulang menunaikan ibadah di tanah suci, tetapi jika saya search di internet sepertinya sudah ada yang menjual tasbih digital ini di Indonesia. Langsung saja kita mulai reviewnya, diawali dengan melihat bentuk dari tasbih digital ini : tampak keseluruhan (depan) tampak keseluruhan (belakang) tampak mesin depan ( close-up ) Ya, jadi seperti itulah tampilan dari tasbih digital ini. Berbentuk mirip seperti jam tangan namun bedanya tasbih digital ini ukurannya kecil karena akan dipasang di jari. Terdiri dari 5 lubang pada tali untuk kaitan sesuai ukuran jari anda, dan mesinnya terdiri dari 2 tombol berlapis chrome mengkilap yaitu tombol COUNT dan RESET , tidak ada tombol ON/OFF sejauh yang saya lihat. CONTOH PEMASANGAN DI JARI : Jika mesin dal

Sharing Pengalaman Perkuliahan di Statistika UGM (part 1)

Halo! Kembali lagi di postingan blogku tentang perkuliahan di FMIPA UGM, khususnya di Prodi Statistika.. Jadi, sekarang aku menulis ini sudah dalam status 'alumni' ( fresh graduate ).. ok, mungkin memang terlihat telat aku buat artikel ini, tapi menurutku gapapa sih lebih baik telat daripada tidak sama sekali kan? :D Jadi... Aku bakal cerita rangkaian perkuliahan dan segalanya deh di Statistika UGM dari semester 1 - semester akhir .. mungkin aku bakal buat dalam beberapa part ya.. karena kalau dijadikan 1 postingan bakal panjang sekali sepertinya..  Oh ya, ini aku sesuaikan dengan Kurikulum FMIPA UGM yang paling baru, yakni Kurikulum 2016 yang berlaku selama 5 tahun yakni sampai tahun 2021. Yang penasaran tentang kurikulum baru ini bisa langsung download di :  http://mipa.ugm.ac.id/fix/wp-content/uploads/Kurikulum-SI-2016-FMIPA-UGM-1.pdf   . Aku bakal mengkombinasikan pengalamanku dengan kurikulum baru ini ya.. maklum dulu waktu aku masih jadi mahasiswa baru (semes